7 Tips Menghadapi Pasangan Introvert Bagi yang Masih Bingung

Tips Menghadapi Pasangan Introvert

Anda mungkin belum pernah tahu bagaimana tips menghadapi pasangan introvert. Baik bagi laki – laki atau perempuan, pasti pernah memiliki pasangan dengan tipe kepribadian seperti ini. Sebenarnya introvert bukan menjadi tipe kepribadian yang sangat merepotkan.

Justru memiliki pasangan dengan tipe kepribadian seperti itu pasti ada kelebihannya, karena biasanya tipe kepribadian ini lebih setia pada pasangan. Namun bagi Anda yang sering merasa kesulitan menghadapinya, tentu harus melakukan beberapa tips yang sangat ampuh.

7 Tips Menghadapi Pasangan Introvert

Memiliki pasangan dengan tipe kepribadian introvert membutuhkan perhatian lebih jika Anda memang merasa kesulitan. Namun sebenarnya menghadapi pasangan seperti ini tidak begitu berat. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips yang mudah dilaksanakan ini.

1. Bersabar

Tips menghadapi pasangan introvert pertama adalah bersabar. Mungkin hal ini akan terasa sulit dilakukan, namun Anda akan merasakan sendiri dampaknya. Bersabar dalam hubungan tentu akan membawa harmoni yang bagus, serta ampuh untuk meluluhkan hati pasangan.

Orang dengan tipe kepribadian ini sebenarnya tidak mudah marah, namun lebih suka memendam dan meledak – ledak di waktu tertentu. Jika terjadi hal seperti ini, Anda hanya perlu bersabar mendengarkan semua keluhan dan kesedihannya sampai marahnya selesai.

Hal ini karena jika Anda tidak sabar dan justru ikut marah – marah, pasti lawan bicara tidak akan mau mengalah dan meneruskan pertengkaran. Hal tersebut hanya akan menyakiti dua belah pihak. Jadi sebaiknya berikan waktu bagi pasangan introvert untuk meledak – ledak.

2. Jangan Pernah Memaksa

Tips menghadapi pasangan introvert kedua adalah jangan pernah memaksa sesuatu yang tidak dikehendaki. Memaksa adalah perilaku paling tidak disukai oleh orang dengan tipe kepribadian seperti ini, karena memaksa hanya akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Bahkan meskipun paksaan sudah berhasil dilakukan, introvert akan menyimpan memori tentang paksaan tersebut dan mengeluarkannya dengan cara kurang baik di kemudian hari. Oleh karena itu sebaiknya ajak secara pelan – pelan dan jangan memaksa jika tidak mau.

3. Selalu Mengutamakan Komunikasi

Tips ketiga adalah selalu mengutamakan komunikasi. Meskipun orang dengan kepribadian seperti ini tidak terlalu suka membuka diri, namun justru hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Sebagai pasangannya, Anda perlu membuka diri dalam komunikasi sebagai langkah awal.

Dengan tips menghadapi pasangan introvert ini, pasti pasangannya juga mau berkomunikasi dan membuka diri sedikit demi sedikit. Jika sudah menjalin hubungan lama, Anda mungkin tidak akan merasa bahwa pasangannya adalah orang dengan tipe kepribadian yang introvert.

4. Memahami Gaya Komunikasi

Tips keempat adalah memahami gaya komunikasi yang dimiliki oleh pasangannya. Setiap orang pasti memiliki gaya komunikasi sendiri. Bagi orang dengan tipe kepribadian seperti ini kemungkinan besar lebih banyak diam, namun tetap memiliki gaya komunikasinya sendiri.

Anda bisa memahami gaya komunikasi tersebut dan mencoba mengikuti arus terlebih dulu. Jika pasangannya sudah merasa lebih nyaman, maka gaya komunikasi bisa mulai dicampur dengan gaya milik Anda sendiri, sehingga komunikasi antara kedua orang jadi lebih lancar.

5. Mencari Kesamaan

Tips menghadapi pasangan introvert kelima adalah mencari kesamaan antara diri sendiri dengan lawan bicara. Tipe kepribadian ini sangat suka jika ada orang lain yang memiliki kesamaan dengan dirinya. Justru kesamaan membuat orang tersebut lebih bersemangat lagi.

Dengan begitu, pasangan akan semakin tertarik dan penasaran dengan semuanya tentang Anda. Jadi menghadapinya sudah tidak akan terasa sulit lagi, karena komunikasinya jadi lebih nyaman dan cepat. Lakukan tips mencari kesamaan ini meskipun membutuhkan waktu lama.

6. Jadi Pendengar yang Baik

Berikutnya coba jadi pendengar terbaik untuk orang tersebut, sehingga pasangannya bisa merasa diperhatikan dan memiliki tempat yang nyaman. Orang dengan tipe kepribadian introvert tentu sangat menyukai lawan bicara yang bisa mendengarkannya dengan baik.

Jika ingin menjadi pendengar terbaik caranya adalah berusaha bersabar dan memberikan masukan paling rasional. Selain itu tunjukan keberpihakan jika lawan bicara sedang benar. Lakukan tips menghadapi pasangan introvert ini agar hubungan bisa jadi lebih lancar.

7. Jangan Terburu – buru

Terakhir, jangan terburu – buru dalam melakukan sesuatu bersama pasangan introvert. Anda perlu pelan – pelan dalam mengajak pasangannya agar tidak terkesan memaksa. Sebaiknya buat permulaan yang baik seperti basa – basi dan mengarahkan secara perlahan – lahan.

Jika Anda tidak kasar dan selalu pelan – pelan, pasti pasangannya akan lebih mudah jatuh hati dan menurut. Memang untuk menghadapi tipe kepribadian ini memerlukan perhatian khusus dan perlakuan serba pelan – pelan, namun dampaknya sudah pasti lebih baik.

Jika sudah tahu apa saja tipsnya, coba mulai terapkan dan lihat apakah ada perubahan pada hubungan Anda. Dengan melakukan tips menghadapi pasangan introvert, Anda pasti bisa memiliki hubungan yang langgeng dan nyaman, baik untuk pernikahan atau masih pacaran.

About Author