7 Tips Merawat Motor Bebek Agar Awet dan Nyaman Dipakai

Ada beberapa tips merawat motor bebek yang harus Anda ketahui. Ketika memiliki motor bebek baru, tentunya Anda tidak ingin kendaraan tersebut cepat rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Sehingga perlu perawatan rutin yang dapat menyebabkan motornya awet dan tahan lama.

Sebenarnya merawat motor bebek sangat mudah jika Anda tahu cara – caranya. Jika dirawat dengan benar, pemakaian kendaraan ini pasti terasa lebih nyaman, bahkan untuk perjalanan jauh. Jika Anda belum tahu bagaimana tips merawatnya, pahami penjelasan detail berikut ini.

7 Tips Merawat Motor Bebek

Motor bebek memiliki beberapa komponen yang agar berbeda dengan matic, sehingga perlu ada perawatan pada beberapa komponen tersebut agar kendaraan bisa berusia panjang. Anda bisa mencoba melakukan beberapa tips dalam merawatnya berikut yang sangat mudah diikuti.

  1. Memperhatikan jadwal ganti oli

    Tips merawat motor bebek pertama adalah memperhatikan jadwal ganti oli. Oli adalah cairan yang sangat penting untuk memastikan kinerja mesin bagus dan normal. Namun ada beberapa orang yang merasa mengganti oli tidak penting, lalu dibiarkan sampai olinya hampir habis. Jika tidak ada oli atau volumenya terlalu sedikit, maka mesin di dalam kendaraan akan saling bergesekan dan menyebabkan aus.

    Hal ini tentu tidak bagus bagi kendaraan, karena mesin bergesekan juga akan menyebabkan kerusakan di bagian dalam, bahkan bisa sampai parah. Ganti oli untuk motor bebek biasanya tergantung pemakaian, jika Anda sering memakai untuk lewat jalan – jalan rusak, sebaiknya ganti oli setiap sebulan atau 2 bulan sekali. Namun jika melewati jalan normal, bisa dilakukan setiap 3.000 km sekali atau 5.000 km sekali.

  2. Membersihkan bagian filter

    Tips merawat motor bebek kedua adalah dengan membersihkan bagian filter setidaknya sebulan atau 2 bulan sekali. Filter pada kendaraan berfungsi sebagai penyaring kotoran selama mesin menyala dan melakukan pembakaran. Filter biasanya disebut juga dengan filter udara. Filter jika dibiarkan terus menerus, kotorannya akan menumpuk sampai filter tidak bisa menjadi penyaring lagi.

    Jika tidak ada saringan pada kendaraan selama melakukan pembakaran, maka bagian mesin juga mudah dan kotor, sehingga menyebabkan mesin rusak karena kotoran itu. Cara membersihkan filter adalah dengan mengeluarkan bagian filternya terlebih dulu. Lalu bersihkan kotorannya menggunakan kuas atau lap. Setelah itu siram dengan air lalu keringkan, agar filter lebih bersih, Anda juga bisa meminta bantuan bengkel untuk membersihkan filter.

  3. Memberi pelumas rantai

    Tips merawat motor bebek ketiga adalah memberikan pelumas pada bagian rantai. Hal ini sangat penting dilakukan karena rantai adalah penggerak roda setiap kali mesin menyala. Jika tidak ada pelumas, maka rantai bisa mengalami kemacetan saat mesin dinyalakan.

    Banyak orang yang tidak memahami bahwa pelumas sangat penting bagi rantai. Apalagi cara memberi pelumas pada rantai sebenarnya sangat mudah, yaitu hanya memerlukan oli bekas atau minyak, kemudian teteskan di bagian rantai sambil memutar roda belakang agar rata.

  4. Mengecek kampas rem

    Cek juga kampas rem secara berkala agar berkendara terasa lebih aman. Kampas rem adalah bagian yang membantu menghentikan perputaran roda. Kampas rem yang sudah habis biasanya mudah terasa, misalnya jika sudah direm, roda tidak kunjung berhenti sesuai seharusnya.

    Tips merawat motor bebek dengan mengecek kampas rem adalah mengganti ketika bagian kampasnya sudah habis. Jika Anda tahu cara menggantinya, maka hanya perlu beli kampas rem baru saja lalu diganti sendiri. Namun jika tidak tahu bagaimana cara menggantinya sendiri, sebaiknya gunakan jasa bengkel agar lebih aman, mudah dan cepat.

  5. Menggunakan gigi yang sesuai

    Tips berikutnya adalah menggunakan gigi yang sesuai saat di jalan. Misalnya ketika berada di jalan menanjak, sebaiknya gunakan gigi 1 agar kinerja mesin tidak terlalu berat. Kemudian saat mulai menjalankan motor, sebaiknya mulai dari gigi 1 jangan dimulai dari gigi 2.

    Penting sekali untuk memahami penggunaan gigi yang sesuai, tujuannya adalah agar mesin bisa lebih awet dan tahan lama. Misalnya saat menaikkan kecepatan, Anda bisa pelan – pelan beralih ke gigi 3 lalu 4.

  6. Rutin mengganti busi

    Tips merawat motor bebek lainnya adalah rutin mengganti busi atau pemantik pembakaran pada kendaraan. Busi memang terlihat kecil dan murah namun fungsinya sangat penting. Ganti busi biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali tergantung pemakaian sehari – hari. Usia busi sebenarnya bisa lebih lama jika Anda tidak terlalu sering memakai motor. Jika ingin mengecek apakah busi perlu diganti atau tidak, coba minta bantuan bengkel terdekat.

  7. Memastikan kondisi aki

    Pastikan juga kondisi aki bagus agar mesin dapat dinyalakan dengan baik dan mudah. Segera periksa dan ganti aki jika mesin tidak mudah menyala.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, Anda bisa lama menggunakan motornya untuk pergi ke mana saja. Selain melakukan beberapa tips merawat motor bebek tersebut, Anda juga bisa memandikan motornya secara rutin agar bagian tampak luar dan mesin dalamnya tidak kotor.

About Author