Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Bagi Masa Depannya

Seperti apa pentingnya pendidikan karakter anak bagi masa depannya kelak? Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan orang tua di mana pastinya menginginkan pertumbuhan serta perkembanganya buah hatinya berjalan dengan baik. Dikatakan, bahwa pendidikan ini adalah suatu bentuk pengajaran nilai-nilai inti kehidupan yang tentu saja bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

Nilai-nilai tersebut memiliki makna seperti kepercayaan, kehormatan, tanggung jawab, hingga kepedulian sebagai makhluk sosial. Lantas siapa yang bisa menanamkan hal tersebut kepada sang buah hati? Ya, jawabannya adalah orang tua sebagai madrasah pertama bagi buah hati. Kemudian guru dan lingkungan juga berperan penting dalam proses pembentukan karakter tersebut.

Macam-macam Pendidikan Karakter untuk Anak

Sebelum beranjak pada pemahaman mengenai pentingnya pendidikan karakter anak, perlu diketahui apa saja macam-macam tersebut. Perlu diketahui bahwasanya hal ini nantinya memengaruhi bagaimana sikap individu dalam kehidupannya.

  1. Pendidikan Agama

    Pengetahuan mendalam mengenai agama menjadi salah satu macam pendidikan dengan peranan penting dalam tumbuh kembangnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap yang baik pada kehidupan individu berdasarkan pada ajaran agamanya.

    Hal ini tentu saja akan membantu dalam memberikan citra positif seperti terbentuknya sikap saling menghormati dengan sesama. Pentingnya pendidikan karakter anak melalui pemahaman tersebut akan memengaruhi bagaimana kedepannya memberikan sikap.

  2. Pendidikan Moral

    Selain perlu pemahaman yang baik, ternyata juga perlu diajarkan bagaimana cara bersikap dengan orang lain dimana hal ini disebut dengan moral. Ini bertujuan untuk membentuk kepribadian positif sesuai dengan nilai-nilai moral.

    Melalui pemahaman nilai moral secara baik, siapapun akan mampu mengikuti adat istiadat di lingkungan sekitarnya tanpa perlu menentangnya. Sehingga memang pentingnya pendidikan karakter anak dapat dilihat berdasarkan konteks moralitas tersebut.

  3. Karakter Intelektual

    Salah satu pemahaman sikap yang tidak kalah penting adalah mengenai intelektual atau kecerdasan. Dengan adanya intelektual yang baik, akan membantu orang tua dalam memberikan pemahaman secara maksimal mengenai setiap hal.

    Hal ini akan membantu orang tua dalam melatih kemampuan kognitifnya hingga kemampuan pemecahan masalah. Apabila individu memiliki bekal pemecahan masalah secara baik, maka dirinya tidak mudah ketergantungan kepada orang lain saat mendapati masalah.

Ini Dia Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter Anak

Mengenali karakter memang tidaklah mudah, sehingga keberadaan hal ini sangatlah penting. Berikut beberapa alasan serta peran penting mengapa konsep ini harus diajarkan kepada buah hati sedari dini.

  1. Untuk Mengenali Identitas Diri

    Alasan pertama mengenai pentingnya pendidikan ini adalah agar siapapun mampu mengenali identitas dirinya dengan baik. Identitas diri yang dimaksud adalah siapa dirinya serta apa tugasnya hidup di dunia ini.

    Sebagai contoh, ketika seorang anak masih berada di bangku sekolah dasar, maka apabila dirinya paham mengenai identitasnya, akan mudah menyesuaikan kebutuhan hidupnya sesuai usia dan perkembangannya.

  2. Membangun Sikap Kepemimpinan

    Seringkali dikatakan, bahwa manusia sejatinya adalah pemimpin untuk dirinya sendiri dan orang lain. Sehingga salah satu alasan pentingnya pendidikan karakter anak adalah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan tersebut.

    Melalui sikap kepemimpinan tersebut, anak akan mudah dalam mengambil keputusan di hidupnya. Bagaimana dirinya harus bersikap saat dicemooh, saat menghadapi masalah, dan bentuk-bentuk keputusan lainnya.

  3. Sebagai Penunjang Kreativitas

    Salah satu hal yang harus terus diasah agar terus berkembang adalah kreativitas. Melalui pelatihan kreativitas, anak akan mampu terus mengasah kemampuannya menjadi hobi-hobi yang sifatnya positif.

    Hal ini dapat bertumbuh seiring pertumbuhan kepribadian melalui pemahaman identitas diri yang baik. Semakin paham mengenai kompetensi diri yang dimiliki, maka akan semakin paham mengenai pentingnya pendidikan karakter anak tersebut.

  4. Membangun Sikap Sosial Anak

    Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam berkehidupan. Hal ini harus ditanamkan melalui pendidikan karakter yang diberikan sejak usia dini. Tentu saja hal ini memberikan dampak positif bagi individu tersebut.

    Dampak positif yang dirasakan adalah individu akan lebih peduli pada sekitarnya, seperti turut aktif dalam kegiatan gotong royong. Selain itu, individu akan mudah berempati, semisal mendapati temannya yang sakit, maka akan menjenguknya sebagai bentuk empati.

  5. Sebagai Bekal Masa Depan

    Pentingnya pendidikan karakter anak sangat erat kaitannya dengan masa depan yang akan ditempuhnya. Sesuai dengan pendidikan-pendidikan di atas, anak akan mulai paham bagaimana dirinya harus bersikap untuk menghadapi segala bentuk problematika. Dengan pendidikan karakter, anak akan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Bahkan dikatakan jika segala permasalahan akan mampu terselesaikan apabila individu memiliki bekal yang cukup untuk mengatasinya.

Perlu diketahui, bahwasanya konsep pendidikan ini sudah diajarkan sejak zaman kepemimpinan presiden RI pertama, yakni pendidikan karakter bangsa. Bangsa yang baik ialah yang mampu mematuhi serta mengambil nilai-nilai positif atas kedaulatan negeri sendiri.

Namun seiring perkembangan zaman, hal ini semakin meluas konteksnya dimana tidak hanya mencakup bangsa itu sendiri. Pentingnya pendidikan karakter anak juga sudah mulai diajarkan sedari dini seperti pendidikan agama, moralitas, hingga bagaimana kehidupan sosial.

About Author