Penyebab Kepala Pusing Saat Mau Menstruasi Pada Wanita

Sakit kepala saat haid biasanya ditandai dengan rasa sakit berdenyut disatu sisi kepala. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab pusing menjelang haid itu ada bermacam-macam. Beberapa diantaranya adlah karena stres, pola makan yang buruk hingga hormon yang tidak seimbang.

Pusing saat mau menstruasi sering dialami oleh beberapa wanita. Rasa sakit kepala ini sangat bervariasi dari mulai terasa ringan hingga berat sehingga akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Ingin menghilangkan rasa pusing yang mengganggu ini, ketahui penyebab dan makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan pusing saat mau datang bulan.

Penyebab Kepala Pusing Saat Mau Menstruasi

Sakit kepala adalah kondisi yang timbul pada kepala, penyebabnya bisa sangat beragam serta rasa sakitnya juga berbeda-beda. Dari mulai seperti ditusuk, kepala seperti berputar, hingga kepala seperti ditindih.

Kepala pusing saat mau menstruasi biasanya terjadi karena beberapa faktor salah satunya perubahan hormon estrogen serta progesteron pada wanita. Biasanya akan muncul tiga hari atau dua hari sebelum datang bulan hingga saat datang bulan.

Rasa pusing pada kepala sering sekali dialami oleh wanita saat usia produktif hingga menjelang mengalami menopause. Rasa sakit ini ditandai dengan rasa denyut pada satu sisi atau kedua sisi kepala.

Selain mengalami perubahan hormon yang menjadi penyebab sakitnya, rendahnya kadar zat besi juga bisa memicu sakit kepala pada wanita. Zat besi rendah biasanya disebabkan tubuh kehilangan banyak darah sehingga menghambat peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Menstruasi

Rasa pusing ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, untuk itu Anda bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan sakit kepala sebelum dan saat menstruasi berikut ini.

  1. Membatasi makanan dan minuman tertentu
    Ada beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari saat menjelang datang bulan karena dapat memicu rasa pusing saat mau menstruasi. Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan mengandung msg, makanan mengandung tyramine tinggi seperti alpukat, ikan asap, cokelat dan masih banyak lagi. Terakhir, Anda juga harus membatasi konsumsi alkohol serta minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi.
  2. Melakukan olahraga rutin
    Berolahraga secara rutin akan membantu Anda mengurangi risiko sakit kepala. Anda bisa melakukan olahraga setiap hari secara rutin dan maksimalkan dengan minum air putih cukup.
  3. Mengurangi konsumsi garam
    Konsumsi garam yang terlalu berlebihan bisa memberikan dampak tekanan darah dan memicu rasa pusing saat mau menstruasi. Oleh karena itu, Anda bisa membatasi pemakaian garam dalam makanan yang Anda konsumsi untuk meredakan serta mencegahnya.
  4. Menghindari aroma kuat
    Hindari bahan-bahan beraroma kuat seperti parfum, polusi udara, produk pembersih hingga perisa makanan. Semuanya terbuat dari bahan kimia sintetis dan dapat menjadi penyebab Anda merasakan sakit kepala.
  5. Meletakkan kompres dingin di kepala
    Agar bisa meredakan sakit kepala saat menjelang datang bulan, Anda juga bisa mengompresnya pada area leher dan kepala yang nyeri menggunakan handuk yang sudah direndam air dingin atau menggunakan bungkusan es batu.

Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Pusing Saat Haid

Menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan salah satu cara tepat untuk mengatasi pusing. Memperhatikan semua Anda konsumsi juga akan mencegah sakit kepala karena haid setiap bulannya.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman untuk mengatasi kepala pusing saat mau menstruasi.

  1. Teh Chamomile
    Teh bunga chamomile ini salah satu rekomendasi minuman yang wajib Anda konsumsi saat sedang sakit kelapa. Chamomile memiliki sifat anti inflamasi sehingga akan sangat pas dikonsumsi untuk meredakan pusing.

    Selain itu chamomile juga memiliki fungsi lain antara lain melepaskan stres dan rasa khawatir yang berlebihan. Mengonsumsinya secara rutin juga akan membantu Anda memperbaiki kualitas tidur.

  2. Teh daun mint
    Minuman herbal lainnya yang harus Anda coba agar bisa meredakan pusing saat menstruasi. Daun mint terbukti dapat mengobati sakit kepala khususnya terasa tegang. Teh daun mint ini juga bisa Anda campurkan dengan rempah-rempah lainya seperti jahe, daun lavender dan masih banyak lagi.
  3. Teh Cengkeh
    Cengkeh merupakan rempah yang banyak digunakan untuk makanan, tetapi cengkeh ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat minuman menghilangkan rasa pusing. Cengkeh memiliki sifat antinociceptive yang berfungsi untuk menghalau atau mengurangi persepsi rasa sakit.
  4. Semangka
    Pusing terjadi karena terjadi perubahan hormon, selain itu dehidrasi juga dapat terjadi dan jadi penyebab rasa pusing saat mau menstruasi. Memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan mengonsumsi semangka serta makanan lainnya kaya air.

    Semangka mengandung sekitar 90% air, dengan presentasi ini akan sangat cukup untuk bisa mengembalikan kadar cairan pada tubuh. Anda bisa memilih semangka dengan kematangan sempurna, karena jika semangka yang terlalu matang atau busuk memproduksi zat tiramin.

  5. Pisang
    Jika tidak suka dengan minuman-minuman herbal, Anda bisa mengonsumsi pisang. Pisang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala karena mengandung kalium tinggi dan magnesium. Dengan tingginya kalium, pisang bisa mengembalikan cairan serta elektrolit dalam tubuh yang hilang.
  6. Ikan
    Ikan juga jadi makanan yang baik untuk mengatasi pusing saat menstruasi. Beberapa ikan yang mengandung vitamin B dan asam folat untuk membantu kurangi rasa pusing. Ikan direkomendasikan adalah tuna dan salmon karena mengandung asam lemak omega-3 anti inflamasi. Jika rasa pusing saat mau menstruasi menimbulkan rasa sakit disertai demam berkepanjangan Anda bisa langsung berkonsultasi ke Dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

About Author