Peraturan Bermain Softball dan Teknik yang Harus Dikuasai

Peraturan Bermain Softball dan Teknik yang Harus Dikuasai

Bagi para pemain yang tertarik memainkan softball, maka mengetahui peraturan bermain softball merupakan hal penting. Sebab peraturan olahraga satu ini tidak umum diketahui, karena softball bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga kurang populer.

Di Indonesia permainan softball memang jarang dimainkan, hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai olahraga ini. Namun, di luar negeri permainan satu ini cukup diminati bahkan ada liganya juga.

Peraturan Bermain Softball yang Penting Diketahui

Softball merupakan permainan beregu yang dalam pertandingannya mempertemukan dua tim. Teknik dasar permainan ini adalah melempar bola oleh pitcher ke arah tim lawan yang menjadi pemukul.

Jika pemukul berhasil melakukan pukulan, kemudian berlari ke base. Semakin banyak base dapat dilalui, maka poin didapatkan tim semakin tinggi. Untuk lengkapnya berikut peraturan bermain softball.

  1. Setiap tim bermain dengan 9 orang pemain.
  2. Setiap anggota dalam tim akan membuat satu pukulan di setiap babak sebelum dilakukan pertukaran posisi antar tim.
  3. Tim fielding terdiri atas 9 orang pemain, yaitu: pelempar, penangkap, penjaga di base 1, 2, dan 3, tiga orang infielder (penangkap bola hasil pukulan), dan shortstop.
  4. Pemukul harus berlari setelah berhasil memukul ke arah base 1, lalu berlanjut ke base selanjutnya apabila bola masih belum berhasil ditangkap oleh lawan.
  5. Bila bola terpukul, maka tim penangkap harus berusaha menangkap bola, lalu melemparkannya ke penjaga base.
  6. Tim pitching (dari tim pelempar) bertugas menghalangi fielder dengan cara menangkap bola, menandai base sebelum pelari mencapainya, kemudian menangkap bola lemparan tim pithing.
  7. Tip pitching juga bisa berlari ke base dengan bola di tangan sebelum pelari/pemukul mencapainya.
  8. Peraturan bermain softball yaitu foul area, yaitu area di bawah baseline pertama dan ketiga. Apabila bola melewati garis ini sebelum memantul maka dianggap dead ball.
  9. Home run dicetak apabila bola dipukul melewati outfield. Pemukul lainnya dapat berjalan di sekitar baseline dan mencetak angka bagi tim.

Teknik Bermain Softball yang Harus Dikuasai

Peraturan bermain softball tidak terlalu sulit tapi perlu dipahami posisi yang diambil dan tugas harus dilakukan saat berada di posisi tersebut.

Agar bisa bermain dengan baik, maka Anda perlu menguasai teknik dasar bermain softball. Bukan hanya harus bisa melempar, tapi kemampuan menangkap dan memukul bola juga penting.

Terutama bisa berlari dengan baik, sebab kemampuan lari penting untuk mencapai baseline setelah memukul bola. Agar bisa bermain dengan baik di semua posisi, kuasai teknik dasar ini:

1. Melempar

Dalam peraturan bermain softball setiap pemain akan menjadi pelempar juga pemukul. Oleh sebab itu, teknik melempar menjadi hal penting dikuasai.

Dalam melempar harus bisa melakukannya agar pemain lawan sulit untuk memukul atau tidak bisa memukul. Berikut 3 jenis lemparan yang perlu dikuasai:

  • Lemparan atas atau overhand throw, yaitu melemparkan bola setinggi bahu. Gerak ayunan lengan dilakukan ke atas melewati garis persendian bahu. Biasanya digunakan untuk melempar ke sasaran yang jauh.
  • Lemparan bawah atau underhand throw, yaitu lemparan cepat dari jarak dekat. Biasanya digunakan apabila jarak antara pelempar dan penangkap dekat, bola akan berjalan lambat tapi tepat sasaran.
  • Lemparan Samping atau sidehand throw, yaitu lemparan cepat jarak dekat dengan bola bergerak cepat di udara sehingga lebih cepat mencapai sasaran. Biasanya dilakukan pemain infield untuk mendapatkan kecepatan dan keakuratan.

2. Melakukan Pukulan dengan Tongkat

Teknik dasar kedua yang harus dikuasai adalah memukul dengan menggunakan tongkat pemukul khusus. Selain melempar, keahlian memukul harus dikuasai oleh semua pemain.

Terdapat dua jenis pukulan, yaitu bunt dan swing. Bunt yaitu pukulan biasa untuk memukul ke arah baseline sehingga bola sulit ditangkap tim lawan.

Swing merupakan teknik pukulan dengan menggunakan ayunan tangan yang keras. Teknik swing inilah yang menghasilkan home run.

3. Menangkap

Karena peraturan bermain softball mengharuskan pemain berada di berbagai posisi, maka setiap pemain perlu mempelajari berbagai teknik dasar. Salah satunya menangkap bola.

Untuk menangkap, terdapat 3 teknik yang umum dipakai, yaitu menangkap bola menggelinding, melambung, dan datar. Perlu keberanian saat menjadi penangkap, karena harus menghadap arah kedatangan bola.

4. Meluncur

Meluncur merupakan keahlian dasar lain yang perlu dikuasai oleh pemain softball. Sebab dalam peraturan bermain softball untuk mencapai base 1, 2, dan 3, bisa dilakukan pemain dengan meluncur.

Ada 3 teknik meluncur bisa digunakan yaitu sliding lurus, slicing mengait atau hook slide, dan meluncur dengan kepala lebih dulu atau first head sliding. Teknik ini penting dikuasai, terutama oleh seorang pemukul dan penangkap.

5. Berlari

Dalam peraturan bermain softball, pemain harus mencapai base selama bola berada di udara. Oleh sebab itu, pemain harus menguasai teknik berlari, tapi tidak asal berlari. Sebab berlari dalam softball akan menentukan menang atau kalah.

Pemain harus berlari cepat dan cerdik, maka bisa memberi tekanan besar pada lawan. Pemain perlu mengevaluasi situasi terlebih dahulu agar dapat menilai tujuan base terbaik yang bisa dicapai dengan melihat situasi.

Kemudian barulah berlari cepat ke base tujuan. Jadi, diperlukan kemampuan menilai situasi dengan cepat, kemudian berlari dengan cepat.

Meskipun tidak merupakan salah satu olahraga populer seperti sepak bola, permainan softball tetap banyak peminatnya. Jika Anda tertarik memainkan olahraga satu ini, pahami dahulu peraturan bermain softball serta kuasai beberapa teknik dasarnya.

About Author