Pola Makan GERD yang Sangat Dianjurkan Bagi Penderitanya

Pola makan GERD menjadi salah satu hal yang penderitanya wajib ikuti sehingga dapat membantu meringankan penyakit tersebut. Jika Anda termasuk salah satu penderita dari penyakit ini maka wajib untuk menerapkan pola makan sehat sehingga mampu menurunkan risiko kambuh di masa depan.

Jika penyakit tersebut kambuh kembali akan menimbulkan perasaan tidak enak sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, sebagai penderita GERD sangat dianjurkan untuk mengikuti pedoman memakan yang sehat sehingga dapat mencegah kambuh kembali di masa depan.

Begini Pola Makan Penderita GERD yang Benar

GERD merupakan singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease merupakan sebuah kejadian di mana asam lambung menembus pada bagian kerongkongan. Karena naiknya asam ke bagian kerongkongan akan menimbulkan perasaan sakit atau nyeri pada bagian dada dari penderitanya.

Gejala GERD sendiri sangat khas karena terjadinya kenaikan asam lambung menuju kerongkongan sehingga menimbulkan perasaan sakit di bagian dada penderitanya. Salah satu penyebab mengapa asam lambung dapat naik terjadi karena melemahnya katup bagian esofagus.

Dalam kondisi normal katup akan langsung menutup setelah makanan ditelan. namun dalam kondisi GERD terjadi perlemahan pada katupnya sehingga asam lambung naik ke atas. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengatur pola makan GERD yang sehat.

Penyakit tersebut terjadi karena perlemahan katup esofagus sehingga pada kerongkongannya timbul iritasi. Oleh sebab itu, salah satu cara pencegahannya Anda perlu menerapkan pola hidup sehat setiap harinya dimulai dari mengatur makanan terlebih dahulu. Hal yang harus di perhatikan untuk mencegah asam lambung naik, yaitu :

  1. Hindari Pemicu Asam Lambung

    Penerapan pola makan GERD pertama yang perlu Anda terapkan adalah menghindari makanan yang sering menjadi pemicu dihasilkannya asam lambung. Banyak orang bertanya hal apa saja yang menjadi penyebab naiknya asam lambung padahal makanan tersebut sering ditemui setiap harinya.

    Ketika menderita penyakit tersebut Anda harus sudah mulai mengurangi makanan pedas serta berlemak karena menjadi faktor utama timbulnya asam lambung. Makanan pedas maupun asam yang mengandung banyak vitamin C sendiri menjadi salah satu penyebab utama timbulnya asam.

    Selain itu Anda harus mengurangi meminum minuman yang mengandung alcohol, kafein, dan berkarbonasi. Minuman tersebut menjadi salah satu penyebab timbulnya asam lambung secara berlebih, untuk mencegahnya perlu menerapkan pola makan GERD sehat dengan meminum air putih setiap harinya.

  2. Menyantap Makanan dengan Porsi Sedikit

    Sebagai penderita penyakit ini Anda harus membatasi porsi makanan yang masuk ke dalam lambung sehingga dapat membatasi produksi asam lambung. Namun walau membatasi porsi seorang penderita harus melakukannya secara sering sehingga lambung tidak benar-benar dalam kondisi kosong.

    Oleh sebab itu dalam pola makan GERD sangat disarankan bagi pengidapnya supaya dapat memakan dalam porsi lebih sedikit namun sering. Sehingga jangan memakan makanan dengan porsi besar dalam waktu yang singkat, lebih baik untuk makan dengan porsi sedikit namun beberapa kali.

    Sebagai rekomendasi kami sangat merekomendasikan sesuai dengan pendapat ahli yang sebagian besar menyarankan untuk makan selama 4 hingga 5 kali sehari. Namun porsi yang dimakan tentu saja lebih kecil dari biasanya sehingga tidak membuat kondisi perut terlalu begah.

  3. Mengunyah Secara Perlahan

    Pola makan GERD selanjutnya yang benar dan perlu Anda ketahui sebagai pengidap dari penyakit tersebut adalah mengatur bagaimana cara mengunyah makanan. Mengunyah sendiri dapat membantu meringankan kinerja lambung sehingga tidak bekerja terlalu over.

    Salah satu cara yang perlu Anda terapkan adalah dengan mengunyah makanan secara pelan-pelan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dapat memastikan semuanya terkunyah secara merata dan halus tanpa menyisakan bagian masih kasar masuk ke dalam lambung.

    Dengan mengunyah secara perlahan membuat makanan yang masuk ke dalam lambung dalam kondisi halus sehingga meringankan pekerjaannya. Oleh sebab itu, dalam pola makan GERD Anda wajib mengunyah selama beberapa menit terlebih dahulu baru menelannya jika merasa sudah cukup halus.

  4. Jangan Makan Sebelum Tidur

    Penderita GERD sendiri sering merasakan dadanya terasa nyeri setelah makan atau setiap selesai bangun tidur. Hal tersebut disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju bagian kerongkongan sehingga menyebabkan terjadinya iritasi yang membuat perasaan nyeri.

    Oleh sebab itu dalam pola makan yang baik sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan sebelum tidur. Salah satu alasannya adalah organ pencernaan sangat membutuhkan waktu untuk bekerja dalam mengkonsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

    Untuk meringankan pekerjaannya Anda perlu membiasakan makan sekitar 2 hingga 3 jam sebelum tidur sehingga bisa memastikan proses kinerja lambung berjalan lancar. Dengan begitu produksi asam lambung dapat diminimalisir.

  5. Memperhatikan Postur Tubuh

    Dalam mengelola pola makan GERD Anda juga perlu mengatur serta memperhatikan postur tubuh ketika sedang makan. Hal ini sangat penting sehingga dapat mencegah masuknya asam lambung ke dalam bagian kerongkongan melalui katup esofagus.

    Ketika sedang makan Anda perlu membiasakan makan sambil duduk sehingga mampu memberi postur tubuh yang baik. Jangan sampai makan sambil tidur atau rebahan karena dapat mengakibatkan asam lambung naik dengan cepat.

    Selain itu setelah selesai makan jangan langsung berbaring sebaiknya gunakan untuk duduk selama kurang lebih 2 hingga 3 jam terlebih dahulu. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan bahwa makanan sudah tercerna secara sempurna.

GERD merupakan penyakit yang disebabkan asam lambung masuk ke kerongkongan hingga menyebabkan dada penderita terasa nyeri. Untuk mencegahnya kambuh kembali Anda perlu melakukan pola makan GERD yang sehat.

About Author