Tips Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Tips Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Ada beberapa tips mengelola keuangan selama bulan ramadhan yang perlu Anda terapkan. Agar keuangan Anda tidak cepat terkuras habis selama bulan puasa, sebab sering kali kita merasa lebih irit.

Karena minimnya pengeluaran untuk keperluan sehari-hari, padahal bisa jadi justru lebih boros, hanya saja kita tidak menyadarinya. Kali ini kita akan bahas tips cerdas dalam mengatur keuangan selama bulan puasa.

Tips Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Tips Mengelola Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Di bulan puasa kita kerap kali merasa bahwa pengeluaran kita jauh lebih hemat, padahal belum tentu. Berikut beberapa tips cerdas dalam mengelola keuangan di bulan Ramadan yang perlu dipraktikkan :

1. Susun Rencana Anggaran dengan Teliti

Tips mengelola keuangan selama bulan ramadhan yang pertama, susun rencana anggaran dengan teliti. Ada baiknya, rencana dalam mengatur keuangan selama puasa ini direncanakan jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan.

Buat rencana anggaran secara rinci, tentukan berapa banyak yang dapat Anda alokasikan. Untuk kebutuhan pokok, sedekah, zakat serta kebutuhan lainnya, apabila anggarannya jelas, Anda dapat memantau pemasukan.

Serta pengeluaran dengan baik, selain itu juga bisa menghindari pemborosan untuk bisa memastikan dana mencukupi sepanjang bulan. Apabila sebelumnya Anda sudah terbiasa menerapkan cara mengatur keuangan, lanjutkan kebiasaan tersebut.

2. Hindarilah Pembelian Impulsif

Tips mengelola keuangan selama bulan ramadhan yang berikutnya, hindarilah pembelian impulsive. Selama bulan puasa, jangan pernah tergoda untuk melakukan pembelian impulsive, coba pertimbangkan lagi setiap kali ingin membeli sesuatu.

Tanyakan pada diri Anda sendiri apa layanan atau barang tersebut memang benar-benar dibutuhkan. Hindarilah pembelian impulsive, itu akan membantu Anda mengelola uang dengan lebih bijak.

Selain itu juga bisa menghindari pembuangan makanan atau benda yang dibeli hanya disebabkan karena rasa penasaran saja. Jadi ingat, hindarilah pembelian impulsive, karena tanpa sadar banyak orang sering melakukannya.

3. Berhemat untuk Kebutuhan Sahur dan Iftar

Menyiapkan santapan lezat untuk sahur dan berbuka tidak perlu harus mahal. Ketika Anda sudah komitmen mengatur finansial, Anda tetap dapat memilih bahan-bahan makanan dengan harga ekonomis tapi tetap bernutrisi.

Belanjalah dengan cerdas, manfaatkan promosi serta diskon di toko-toko, dan hindarilah pemborosan makanan. Beli yang memang benar-benar dibutuhkan selama bulan ramadan, bukan yang sekadar Anda inginkan

4. Manfaatkan Diskon dan Promo Ramadan

Tips mengelola keuangan selama bulan puasa yang selanjutnya, manfaatkan diskon dan promo Ramadan. Siapa yang suka berburu promo dan diskonan? Jika Anda salah satunya, Anda sudah membiasakan diri untuk berhemat.

Banyak tempat makan serta toko menawarkan promo khusus selama bulan puasa, ini jadi kesempatan Anda. Untuk memmanfaatkan peluang membeli keperluan sehari-hari atau keperluan untuk buka puasa dengan harga terjangkau.

Namun jangan lupa, Anda harus tetap bijaksana dalam memanfaatkan promo atau diskon tersebut. Jangan sampai tergoda untuk membeli barang atau sesuatu lebih dari yang dibutuhkan.

5. Hindari Berutang yang Tidak Perlu

Jauhi berhutang yang tidak perlu merupakan salah satu tips mengelola keuangan yang paling selama bulan puasa. Pertimbangkan lagi keperluan sebelum membeli, hindarilah belanja impulsif apalagi sampai berutang.

Fokuskan saja pengeluaran untuk kebutuhan esensial, hutang yang tidak terkendali akan memberikan beban finansial berkepanjangan. Sehingga selain mengejar pahala puasa, Anda juga dapat belajar untuk mengatur keuangan dengan baik

6. Zakat dan Sedekah Sebagai Prioritas

Tidak hanya beribadah puasa untuk manahan haus dan lapar, tapi kita juga memiliki tanggung jawab untuk membayar zakat. Selama bulan ramadan, sedekah dan zakat menjadi lebih penting.

Hitung dulu berapa persen zakat yang perlu dikeluarkan dari penghasilan, lalu sisihkan untuk bersedekah serta beramal kepada sesama. Kewajiban tersebut dapat membersihkan harta serta mendatangkan berkah.

7. Selalu Pantau Pengeluaran

Tips mengelola keuangan selama puasa yang berikutnya adalah, Anda harus selalu memantau pengeluaran. Di bulan ramadhan, mungkin frekuensi membeli makanan dan minuman setiap harinya akan berkurang.

Tapi Anda tetap harus belajar untuk selalu memantau pengeluaran selama bulan ramadhan. Bila perlu, gunakanlah apk keuangan untuk mencatat setiap pengeluaran, dengan begitu Anda bisa memastikan keuangan tetap terkendali.

8. Memastikan Prioritas Kebutuhan

Ketika membahas tentang anggaran kebutuhan puasa, tentunya pembuatan daftar prioritas akan selalu menjadi perhatian utama. Kebutuhan di sini artinya semua hal yang ada kaitannya dengan pemenuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Prioritaskan kebutuhan Anda serta kesampingkan keinginan, jadi jangan mudah tergoda dengan banyaknya diskon. Pastikan untuk menggunakan uang dengan bijak hanya untuk membeli barang sesuai kebutuhan saja.

9. Lakukan Kegiatan untuk Pendapatan Tambahan

Tips mengelola keuangan selama puasa selanjutnya, lakukanlah kegiatan yang bisa menambah pendapatan. Selain beribadah, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu untuk menambah penghasilan dengan bekerja sampingan.

Misalnya, Anda dapat membuka bisnis kecil-kecilan seperti menjual makanan untuk berbuka puasa, atau bisnis lain yang menghasilkan. Walaupun sementara, tapi kegiatan tersebut dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bermanfaat selama ramadhan.

10. Buat Cadangan Darurat

Tips terakhir adalah dengan membuat cadangan darurat, mengatur keuangan dengan bijaksana ialah dengan memiliki dana darurat. Simpan sebagian kecil penghasilan ke dalam tabungan darurat guna menghadapi kebutuhan mendesak.

Keberadaan dana darurat ini akan memberikan perlindungan finansial yang ekstra selama bulan puasa. Setidaknya, Anda dapat lebih tenang jika memiliki dana darurat, itulah tips mengelola keuangan yang perlu Anda praktikkan.

About Author