Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan Agar Tetap Aman

Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi saat mengemudi adalah Anda terjebak dalam hujan lebat. Hujan dapat membuat jarak pandang Anda akan menjadi sangatlah buruk dan jika Anda tidak tahu cara mengemudi yang begitu aman saat hujan, Anda dapat mengalami kecelakaan atau lebih buruk lagi.

Hati-hati mengendarai mobil saat hujan karena dapat menimbulkan kecelakaan bahkan lebih buruk lagi. Risiko kecelakaan pada saat musim hujan dapat dialami siapa saja, tidak hanya pengendara motor tetapi juga pengendara roda empat.

Walaupun terbilang jarang dibandingkan pengendara roda dua, bukan berarti Anda terbebas dari bahaya. Sehingga para pengendara harus lebih hati-hati saat memasuki musim hujan, karena memiliki curah hujan yang tinggi.

Bahayanya Mengendarai Mobil Saat Hujan Tidak Hati-Hati

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kecelakaan pada pengendara roda empat saat turun hujan yang harus Anda waspadai. Pertama, pengendara harus tetap diwaspadai ketika menemukan genangan air yang meninggi.

Karena genangan air tersebut dikhawatirkan memiliki lubang yang cukup dalam sehingga akan mengganggu kinerja dan performa kendaraan. Selain itu bahaya mengendarai mobil saat hujan saat harus melewati banjir.

Pengendara harus pintar dalam memperkirakan ketinggian air terhadap ambang batas mesin, jika tetap dipaksa melewati banjir melebihi ruang mesin risiko yang harus Anda hadapi ruang mesin akan dimasuki air sehingga mengakibatkan kerusakan.

Anda juga harus mewaspadai munculnya gejala aquaplaning, masalah ini timbul saat posisi ban tidak bisa menapak pada permukaan aspal karena tertekan genangan air. Masalah ini akan terjadi jika ban mobil tidak bisa mengurangi air dengan baik.

Sehingga kendaraan akan berjalan melayang dan meningkatkan risiko pengendara kehilangan kendali sehingga mobil akan mudah tergelincir. Apalagi jika Anda mengendarai roda empat ketika sedang hujan tidak berhati-hati, segala risiko akan terjadi dan Anda harus mengeluarkan ongkos perbaikan yang cukup mahal.

Tips Mengendarai Mobil Saat Hujan Agar Tetap Aman

Bahaya ketika harus mengemudi mobil ketika sedang turun hujan dapat menimbulkan risiko, oleh karena itu pengendara harus lebih sigap dan tanggap saat harus berkendara di berbagai jenis cuaca. Berikut beberapa tips mengendarai kendaraan roda empat ketika sedang hujan agar tetap aman.

  1. Mengurangi kecepatan

    Saat sedang hujan deras, lebih bijak bagi Anda untuk tidak mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi karena memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Saat turun hujan Anda akan menemukan banyak genangan air di jalanan karena meningkatkan risiko ban kempes dan aquaplaning.

    Curah hujan yang lebat juga akan memperburuk jarak pandang pengemudi, dengan memperlambat kecepatan juga akan membantu Anda melihat situasi sekitar. Anda bisa gunakan kecepatan paling aman untuk menghadapi cuaca buruk dari mulai 50 km/jam hingga 60 km/jam saja.

  2. Jaga jarak aman dengan kendaraan lainnya

    Selanjutnya yang harus Anda perhatikan saat mengendarai mobil saat hujan adalah tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jarak aman ini yang direkomendasikan adalah jarak yang cukup untuk memberikan ruang ketika terjadi kecelakaan pada kendaraan yang ada di depan.

    Jarak yang bisa Anda buat sekitar 6 sampai 8 detik atau 50 hingga 80 meter dari kendaraan depan, tidak perlu ragu jika harus menambah jarak aman seperti pada situasi genangan air karena kondisi jalan terus berubah-ubah. Anda bisa mengikuti tips ini untuk membantu menghindari risiko berkendara saat turun hujan.

  3. Hindari jika terlihat genangan air

    Mobil yang tenggelam pada genangan air akan meningkatkan risiko kerusakan pada suspensi mobil dan komponen lainnya seperti transmisi dan sistem pendingin. Jika komponen-komponen rusak dan kendaraan masuk ke dalam genangan air cukup dalam akan menyebabkan kehilangan cengkraman sehingga menyebabkan kecelakaan.

    Genangan air yang masuk ke dalam mesin juga akan menyebabkan sistem sirkulasi air seperti radiator serta pompa air menjadi rusak. Kerusakan komponen-komponen ini akan mesin mengalami overheat.

  4. Atur suhu AC mobil

    Tips lainnya yang bisa Anda terapkan untuk mengendarai mobil saat hujan adalah mengatur suhu AC. Aturlah suhu AC di dalam kendaraan menjadi lebih tinggi untuk menjaga kenyamanan berkendara saat terjadi hujan deras.

    Karena pada saat cuaca sekitar menjadi dingin, udara di dalam mobil akan lebih hangat. Kondisi ini akan menyebabkan kondensasi uap air sehingga membuat kaca menjadi kabur atau mengembun.

  5. Menghindari melakukan rem mendadak

    Selanjutnya, tips berkendara saat hujan yang paling penting adalah hindari melakukan rem mendadak. Jika melakukan pengereman mendadak ketika turun hujan yang cukup deras, kendaraan berpotensi mengalami aquaplaning sehingga mobil akan tergelincir dan bisa menyebabkan kecelakaan beruntun.

  6. Menyalakan lampu

    Menyalakan lampu ketika mengendarai mobil saat hujan deras akan menambah keamanan. Menyalakan lampu sangat penting untuk membantu pengendara lain melihat kondisi jalan. Gunakan juga lampu jarak jauh untuk memberikan tanda keberadaan bagi pengendara lain yang berasal dari arah sebaliknya.

    Menyalakan lampu juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran pada lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein saat akan berpindah jalur atau berbelok sebagai tanda waspada untuk pengendara lain.

  7. Pastikan Lampu Hazard tetap mati

    Masih banyak orang yang salah paham tentang kegunaan dari lampu hazard, fungsi sebenarnya adalah memberikan tanda bahwa mobil tersebut sedang berhenti atau memberikan isyarat keadaan darurat.

    Selain itu, menggunakan lampu hazard akan mengganggu fungsi dari sein, sehingga menimbulkan kebingungan bagi pengemudi yang berada di belakang Anda. Selain itu lampu hazard juga terkadang cukup menyilaukan bagi pengemudi lain sehingga akan meningkatkan risiko kecelakaan.

  8. Periksa tekanan air dan tekanan ban

    Lakukan pemeriksaan rutin tekanan air dan tekanan. Pastikan Anda selalu memeriksa tekanan air dan tekanan ban sesuai dengan standar dan memiliki kondisi layak jalan. Tekanan air dan tekanan ban dengan kondisi baik akan mengurangi risiko kendaraan melayang atau aquaplaning.

    Tetap jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat mengendarai mobil saat hujan dan tingkatkan kesadaran untuk menghindari bahaya saat hujan deras.

About Author