Trik dan Tips Mudah Merawat Smartphone untuk Umur Panjang

Panduan dan tips mudah merawat smartphone harus diketahui karena mempengaruhi panjangnya umur. Apalagi tingkat keawetan dan tahan lama dipengaruhi banyak faktor. Misalnya kebiasaan penggunaan, kebersihan dan lainnya.

Berbagai langkah merawat hp supaya awet atau tahan lama terbukti mudah. Bahkan harus dilakukan pada bagian dalam maupun luar smartphone. Jadi, setiap tips mudah merawat smartphone membuat umur lebih panjang.

Artinya hal ini berkaitan erat dengan bagaimana cara perawatan yang benar. Ponsel cerdas rata-rata dapat bertahan dari 2-5 tahun setelah pemakaian. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama dari rata-ratanya.

Tips Mudah Merawat Smartphone Pasti Awet dan Tidak Rusak

Kemajuan teknologi membuat ketergantungan manusia terhadap smartphone semakin besar. Pastinya ada kemungkinan terus berganti merek atau model lebih cepat. Untuk menghindarinya harus bisa merawat supaya awet dan tidak rusak.

  • Pahami Pedoman Kesehatan Baterai

    Untuk tips mudah merawat smartphone terpenting yakni memahami pedoman kesehatan baterai. Sebenarnya tidak terdapat aturan baku mengenai pemakaian baterai. Tapi harus mengikuti pedoman kesehatannya supaya terjamin awet.

    Misalnya menghindari cuaca ekstrem yang membuat handphone menjadi terlalu panas. Selain itu jangan sampai memakainya saat mengisi daya atau baterai. Apalagi kemungkinan besar dapat menyebabkan suhu panas mudah meningkat.

    Tidak ketinggalan harus menghindari pengisian nirkabel karena panas tidak perlu akan dihasilkan. Saat mengisi, pastikan tetap berada pada 20-80% jangan 100%. Tujuannya supaya keseimbangan dalam baterai smartphone tetap terjaga.

  • Pakai Pelindung Layar dan Casing

    Memakai pelindung layar dan casing terbilang penting pada setiap tipe handphone apapun. Bahkan sekarang kebanyakan smartphone telah disertai dengan pelindung layar. Artinya bisa melindungi dari goresan maupun retakan.

    Perlindungan yang diberikan pada tips mudah merawat smartphone ternyata krusial. Apalagi karena layar termasuk sebagai bagian yang cukup berisiko. Wajar membutuhkan perlindungan ekstra karena biaya menggantinya cukup mahal.

    Sebenarnya casing sama pentingnya karena bisa mengurangi goresan khususnya saat terjadi. Walaupun terkena guncangan keras saat beraktivitas juga tidak masalah. Keamanannya terbantu sehingga tidak menyebabkan kerusakan cepat.

  • Hindari Memakai HP Terlalu Panas

    Tips mudah merawat smartphone yang membuat awet adalah hindari memakai hp terlalu panas. Smartphone memiliki suhu normal mulai dari 16-30 derajat celsius. Inilah suhu ideal supaya bisa beroperasi dengan optimal.

    Sebagai langkah meningkatkan umur perangkat tentunya jangan memakainya dalam lingkungan panas. Walaupun sering beraktivitas luar ruangan hingga terpapar banyak panas. Melainkan taruh pada tempat sejuk dan terhindari dari matahari.

  • Bersihkan Lubang dari Partikel

    Membersihkan lubang dari partikel sebenarnya tidak terlalu banyak dilakukan oleh pengguna. Selain merasa kurang perlu, terkadang dilupakan sampai menumpuk. Tapi Anda harus membersihkan lubang speaker sampai earphone jack.

    Pada tips mudah merawat smartphone, lubang charger juga harus dipastikan selalu bersih. Tidak ketinggalan pembersihan lainnya juga dilakukan pada layar dan kamera. Termasuk bagian samping supaya tetap bersih tanpa kerusakan.

  • Gunakan Sesuai Spesifikasinya

    Menggunakan smartphone sesuai spesifikasinya menjadi perawatan krusial dalam pemakaian perangkat. Dalam artian software dan hardware di dalamnya punya kemampuan khusus. Hindari pemakaian pada grafis atau dukungan yang melebihi.

    Sementara itu jika ingin memakai aplikasi yang menguras kinerja harus mengatur frame rate. Pastikan untuk menggunakan grafis yang disertai mode aman. Memanfaatkan mode minimal atau medium tentunya cukup untuk bermain.

  • Jangan Gunakan Smartphone Saat Charging

    Panduan untuk jangan gunakan smartphone saat charging banyak yang tidak mementingkannya. Apalagi bisa membuat pemakaian smartphone jauh lebih berat. Inilah alasannya baterai bisa rusak dan dayanya dapat semakin menurun.

    Tidak ada salahnya untuk menunggu dayanya berisi setidaknya 80% sebelum memainkan kembali. Hal ini juga penting untuk mengistirahatkan smartphone setelah pemakaian. Kemudian saat dipakai kembali akan terasa lebih ringan.

    Pentingnya tips mudah merawat smartphone ini harus diperhatikan juga dengan filter aplikasi. Misalnya mengetahui aplikasi yang memakan banyak performa. Jika terlalu berat dan kurang banyak dipakai dapat uninstall terlebih dulu.

  • Wajib Pakai Charger Original

    Kewajiban pakai charger original harus diperhatikan dengan baik karena punya peran vital. Apalagi banyak menemukan charger palsu yang tidak sesuai standar. Tentu berisiko membuat hp cepat panas hingga mengalami kerusakan.

    Pastikan membeli charger dari tempat resmi sehingga memastikan pengisian dayanya aman. Sementara itu jika Anda sering memakai powerbank juga jangan terlalu sering. Bahkan kalau perlu hanya dilakukan saat darurat saja.

  • Sering Membersihkan Cache

    Langkah dan tips mudah merawat smartphone dengan sering membersihkan cache punya dampak besar. Apalagi file temporer ini dihasilkan browser sehingga bisa menumpuk. Artinya dapat mengurangi performa bahkan dalam waktu cepat.

    Biasanya untuk meningkatkan kemampuan, pembersihan harus dilakukan serutin mungkin. Tentu penting juga untuk membersihkan virus setelah memakai browser. Jadi, dipastikan tetap aman dan tidak menimbulkan permasalahan.

  • Restart dan Update Rutin

    Melakukan restart dan update rutin menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan bagi pengguna. Apalagi berguna supaya hp dapat selalu bekerja dengan optimal. Restart seminggu sekali sudah cukup untuk mempertahankan kemampuan.

    Selain itu tidak kalah pentingnya untuk melakukan update software dan aplikasi serutin mungkin. Tujuannya supaya pemakaian mesin lebih ringan karena sudah memperbarui versi. Keamanan penggunaan aplikasi juga dapat dimaksimalkan.

About Author