Tips Merawat Motor Klasik Tetap Awet dan Tarikan Nyaman

Tips merawat motor klasik agar tetap awet dan tarikan nyaman tentu wajib Anda ketahui jika ingin memilikinya. Sekarang ini, produk motor baru sudah banyak beredar di pasar Indonesia, namun jenis motor klasik pun justru memiliki tempat di hati para penggemarnya.

Dengan bekal teknologi baru dan canggih membuat banyak orang yang lebih memilih jenis motor pabrikan terbaru. Namun sebaliknya, jenis motor klasik yang tampak tua usianya justru memikat kolektor. Sebab motor lawas tersebut bisa dijual dengan harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan motor pabrikan terbaru.

Hanya sebagian orang yang memilih untuk memiliki motor klasik tersebut karena beberapa faktor, sebut saja perawatan yang wajib diperhatikan secara mendetail. Ada banyak orang yang beranggapan jika biaya perawatan motor klasik relatif lebih mahal, pada kenyataannya perawatan cenderung lebih mudah dan terjangkau sekali.

Merawat Motor Klasik yang Mudah dan Bisa Dilakukan Siapapun

Memiliki koleksi motor klasik bagi sebagian orang menjadi hobi yang seru dilakukan. Walaupun perawatan yang dianggap susah-susah gampang, namun masih ada juga yang menganggap hobi satu ini sebagai investasi jangka panjang.

Bagi Anda yang ingin memiliki koleksi motor klasik, maka tentu wajib cari tahu cara perawatannya. Disini, Anda bisa langsung mengetahui tips merawat motor klasik agar awet dan tarikan yang nyaman seperti berikut:

  1. Wajib ganti oli mesin kendaraan

    Dikarenakan mekanisme mesin motor klasik yang tidak serumit motor modern, maka perawatannya pun tidak terlalu repot. Jika dalam kondisi baik, maka Anda hanya perlu perhatian oli mesin yang digunakan.

    Walaupun motor klasik lebih jarang sekali dikendarai, bukan artinya Anda abai untuk penggantian oli mesinnya. Tetap saja Anda lakukan penggantian oli secara rutin, maksimalnya 3 bulan sekali. hal tersebut bertujuan supaya oli tidak mengendap dan juga mengental di dalam mesin karena jarang mendapatkan sirkulasi.

  2. Cek pengapian motor

    Tips merawat motor klasik dengan Anda lakukan pengecekan pengapiannya. Motor klasik yang sulit untuk dinyalakan biasanya mudah sekali ditebak dengan Anda cek sistem pengapiannya karena memang perlu Anda jaga kelistrikan kendaraan tersebut.

    Ditambah lagi jika motor klasik yang Anda miliki masih gunakan sistem platina, maka dibutuhkan penyetelan supaya fungsi kelistrikan berlangsung normal. Jika tidak mau Anda repot, maka tinggal pertimbangkan menggantikan ke sistem CDI yang diyakini minim masalah.

  3. Rutin panaskan mesin motor tiap hari

    Bisa Anda usahakan untuk tiap hari memasangkan mesin motor lawas sebagai langkah dan tips merawat motor klasik agar tetap awet. Anda bisa panaskan mesin tiap pagi, agar mesin dapat bekerja dengan baik, oli dan pengapiannya masih terus bekerja secara optimal.

    Untuk memanaskan mesin motor tersebut tidak perlu lama. Sebab, bisa boros bensin dan juga dapat ula membuat sirkulasi udara yang buruk di dalam ruangan tertutup.

  4. Cek komponen yang rawan rusak tiap minggu

    Tips merawat motor klasik agar tetap awet dan tarikan nyaman dengan jaga performa mesin seperti selalu cek beberapa komponen tertentu yang rawan sekali rusak. Adapun komponen yang dimaksudkan disini seperti bagian bodi, rantai dan juga kelistrikan motor. Pemeriksaan ini cukup Anda lakukan tiap seminggu sekali saja.

    Untuk bagian kelistrikan motor, komponen yang bisa Anda pantau berupa bagian spul. Komponen satu ni berbentuk seperti kumparan yang bermanfaat sebagai pemasok tenaga listrik pada kendaraan motor. Untuk bagian rantai sendiri bisa Anda cek untuk kondisi rantai keteng, yang mana fungsinya sendiri sebagai sistem penggerak camshaft ke kepala silinder.

    Lanjut tips merawat motor klasik dengan Anda cek bagian bodi motor, usahakan tidak ada karat yang menempel di bagiannya. Karat tersebut bisa saja menempel pada bagian kendaraan motor yang terbuat dari bahan logam. Anda mesti teliti dalam proses pengecekannya, dan bisa cari spot karat motor untuk dibersihkan secara manual.

  5. Pakai bahan bakar dengan oktan (RON) tinggi

    Untuk Anda yang suka dengan lamtoro lawas, maka bisa pertimbangan pemilihan bahan bakar dengan kandungan oktan yang tinggi pilihan bahan bakar oktan tinggi ini cukup bervariasi di pasaran. Jika bisanya Anda bisa gunakan jenis Pertama ataupun Pertamax Turbo. Lalu, ada pilihan lain seperti Shell power, Shell Super dan Total Performance 95.

    Motor lawas yang sudah menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi, maka bisa memiliki kondisi mesin tetap terjaga performanya. Proses pembakaran yang terjadi pada ruang mesin dengan bahan bakar oktan tinggi, tidak bakal meninggalkan kotoran. Hal demikian yang bisa membuat performa mesin motor klasik bakal selalu terjaga.

Tips merawat motor klasik agar tetap awet dan performa tarikan nyaman memang penting diperhatikan oleh para penggunanya, dengan menerapkan sejumlah cara di atas sehingga motor lawas masih layak digunakan untuk mobilitas tiap harinya.

About Author